Rabu, 21 Desember 2011

Hosting atau Webhosting

Hosting atau yang biasa disebut web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data-data website agar halaman website tersebut dapat diakses dari mana saja. Data website tersebut meliputi file-file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web.
Sedangkan domain adalah nama unik alamat untuk website yang diakhiri dengan .com , .net , .org , .co.id , dsb. (contoh : www.rintakrida.com).
Biasanya penyedia layanan hosting juga akan menyediakan pula pendaftaran domain untuk website yang akan dipublikasikan. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan domain dan hosting dipesan di penyedia layanan yang berbeda (misal beli domain di yahoo, hosting di telkom). Bahkan bila suatu perusahaan telah mampu untuk memiliki suatu server tersendiri yang terkoneksi dengan internet dengan bandwith yang memadai dan memiliki ip public static, maka akan sangat memungkinkan untuk tidak menggunakan jasa layanan penyedia hosting, namun cukup membeli domain saja.
Dalam memilih penyedia layanan hosting, perlu dicermati kredibilitasnya. Karena bila perusahaan penyedia layanan tersebut bangkrut, maka data yang dititipkan juga akan terancam hilang. Oleh karena itu, kebanyakan dari instansi pemerintah di Indonesia lebih memilih untuk menitipkan data atau hosting di Telkom (yang kebetulan juga sebagai salah satu penyedia layanan hosting) atau membuat server tersendiri di instasinya. Karena asumsinya tidak mungkin telkom akan bangkrut (karena selama Indonesia berdiri, telkom pasti akan tetap ada).
Biasanya kebijakan membuat server tersendiri atau perlu menyewa layanan hosting akan bergantung dari infrastruktur internet dari suatu instansi/perusahaan dan tingkat kerahasiaan data yang akan disimpan. Namun bila infrastruktur internet di suatu instansi belum memadai, maka penyedia layanan hosting seperti telkom masih dapat diandalkan dalam menjamin keamanan dan kerahasiaan data dari kostumer.
Oleh karena itu, bila anda berada di Indonesia yang ingin memanfaatkan layanan hosting namun bingung memilih perusahaan mana yang memiliki kemungkinan paling kecil untuk bangkrut agar data tidak ikut hilang, nampaknya PT TELKOM dapat dijadikan pilihan utama.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host